Tertarik membuat aplikasi Android ? berikut penjelasannya !

Sangat menarik tentunya jika kita bisa membuat aplikasi smartphone yang bermanfaat oleh banyak orang, contohnya seperti aplikasi UCNews untuk melihat berita informasi, shopee untuk jual beli, aplikasi android bmkg untuk mengetahui keadaan cuaca, aplikasi telegram, whatsaap untuk jaringan komunikasi sosial, dsb ..

Langsung saja berikut ini beberapa software pembuat aplikasi android :

1). Visual Studio
Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentukMicrosoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).
Versi terbarunya sekarang menggunakan Versi 2017, bisa kalian unduh di laman resminya www.visualstudio.com/downloads/, unduh yang free download Visual Studio Community 2017.
Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), Xamarin, dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev,Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

2). Xamarin
Xamarin adalah perusahaan software yang terletak di San Francisco, california dan berdiri semenjak Mei 2011.
Alasan kenapa Xamarin banyak menjadi pilihan bagi developer-developer dalam mengembangkanaplikasinya adalah karena Xamarin punya banyak fitur-fitur dan keunggulan, dari banyak fitur dan keunggulan tersebut berikut beberapa diantaranya :
Membuat aplikasi Native dengan hanya bahasa C#. semua yang bisa dilakukan dengan Java dan Objective C bisa dilakukan C# di Xamarin. Dengan Xamarin studio anda bisa dengan mudah dalam membangun aplikasi Mobile.
Unduh di laman resminya : www.xamarin.com/download

3). B4A
Basic4Android merupakan sebuah tool RAD (Rapid Aplication Developement) yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Android, dimana Android adalah sebuah sistem operasi untuk smartphone atau tablet yang sedang berkembang pesat dan begitu populer saat ini. Basic4Android terdiri framework, library, dan IDE yang terintegrasi dengan JAVA dan Android SDK. Ada banyak sekali software IDE yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi di android, diantaranya Eclipse, Android Studio, Game Maker Studio, dan banyak lagi.
Unduh aplikasinya di laman resmi : www.b4x.com/b4a.html
Adapun yang dibutuhkan saat menginstal aplikasi ini adalah:
1. .Net Framework v4
2. Java Developement Kit (JDK V 7+)
3. Android SDK yang sudah terinstal platform dan tools

4). Android Studio
Android Studio merupakan suatu aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membuat suatu aplikasi yang dapat berfungsi pada perangkat smartphone android dengan jenis ekstensi APK atau XAPK . Sedangkan pengertian secara spesifiknya, Android Studio adalah sebuah IDE untuk Android Development yang dikenalkan pihak google pada acara Google I/O di tahun 2013. Android Studio merupakan suatu pengembangan dari Eclipse IDE, dan dibuat berdasarkan IDE Java populer, yaitu IntelliJ IDEA. Android Studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android.
Android Studio juga dapat di-download di situs resmi Android: developer.android.com/sdk/installing/studio.html.

5). Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).
Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in. Bisa kalian dapatkan dengan mengunduhnya di www.eclipse.org/downloads/eclipse-packages/

6). Android SDK & NDK
Android SDK (Software Development Kit) dan NDK (Nativte Development Kit) adalah dua alat yang harus kita persiapkan untuk membuat aplikasi Android.
Android SDK berisi peralatan, API, dan Emulator yang kita butuhkan dalam pengembangan aplikasi Android.
Sedangkan, Android NDK memungkinkan kita membuat aplikasi Android dengan bahasa pemrograman C/C++.
Download Android NDK di website resmi Android Developer: developer.android.com/ndk/downloads/index.html
Download Android SDK di website resmi Android Developer: developer.android.com/sdk/index.html, pilih SDK tools only

7). App Inventor
App Inventor for Android atau Google App Inventor, itulah namanya, aplikasi berbasis web open source yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).
App Inventor adalah sebuah tool untuk membuat aplikasi android, yang menyenangkan dari tool ini adalah karena berbasis visual block programming, jadi kita bisa membuat aplikasi tanpa kode satupun. Mengapa disebut visual block programming?, karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “blok” yang merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi –event handler tertentu dalam membuat aplikasi, dan secara sederhana kita bisa menyebutnya tanpa menuliskan kode program –coding less. Wow kedengarannya menyenangkan bukan?.
*Unduh aplikasinya disini :
App Inventor classic :
Appinventor.mit.edu/explore/install-app-inventor-software.html
App Inventor version 2 :
appinventor.mit.edu/explore/ai2/windows.html

8). Unity3D
Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.
Untuk mendapatkan software ini secara gratis, dapat mengunjungi situs resminya di unity3d.com/get-unity/download

9). Qt for Android
Qt for Android cocok untuk programmer dengan pengatahuan tentang C++ dan QML. Perusahaan Qt telah merancang Qt for Android untuk memudahkan para programmer. Framework ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan aplikasi Qt 5 pada perangkat dengan Android 4.1 (API level 16) atau diatasnya. Selain itu, tersedia juga beberapa solusi sederhana untuk menangani konten media. Bisa kalian dapatkan dengan mengunduhnya di www.qt.io/download.

10). PhoneGap
PhoneGap adalah sebuah project open source yang digunakan untuk membuat sebuah mobile application. Dengan PhoneGap kita bisa menggunakan web technology (HTML, CSS & Javascript) untuk membuat sebuah mobile application. HTML, CSS dan Javascript akan diubah menjadi suatu package yang bisa digunakan diberbagai device yang memiliki platform yang berbeda-beda.
Waktu terus berlalu akhirnya Phonegap terus dikembangkan oleh suatu perusahaan yang bernama Nitobi yang pada akhirnya diakuisisi oleh adobe, sebagai bagian dari suatu yang diakuisisi source code dari phonegap akhirnya didonasikan kepada [ASF] Apache Software Foundation yang membuat phonegap menjadi open source. Pertama kali dikenal dengan sebutan Apache Cordova.
Banyak sekali pertanyaan tentang apa sih perbedaan phonegap dengan apache cordova? PhoneGap adalah Cordova + dengan layanan adobe yang membuat kapabilitasnya menjadi lebih luas sementara cordova bersifat independen. Unduh aplikasi PhoneGap Free disini phonegap.com/getstarted/

11). Apache Cordova
Apache Cordova adalah platform untuk membangun native mobile applications menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Native mobile application yang didukung antara lain Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry.
Apache Cordova berisi sekumpulan API (Application Programming Interface) untuk mengakses device dari perangkat mobile. Device itu antara lain kamera, GPS (Global Positioning System), storage dan lain-lain.  Dengan menunggunakan UI (User Interface) framework seperti jQuery Mobile, Dojo Mobile atau Sencha Touch, maka kita dapat mengakses API ini. Dengan kata lain kita dapat membangun aplikasi hanya menggunakan HTML, CSS dan Javascript. Kunjungi Web Resminya cordova.apache.org/

12). Android Apps Maker
Android Apps Maker ini dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui apa fungsinya. Membuat aplikasi dengan Android Apps Maker cukup mudah karena sudah tersedia sekitar 18 template yang bisa kita gunakan secara gratis.
Beberapa contoh Aplikasi yang bisa kembangkan dengan aplikasi ini adalah gallery foto, game trivia, aplikasi ebook, stasiun radio dan lainnya. Aplikasi yang dibuat nantinya bahkan akan dikirim secara lengkap ke email kita.
Kunjungi android3apps.com.websiteoutlook.com/ atau cari di search engine bila sudah tidak berfungsi.

13). Conduit Mobile
Conduit Mobile adalah alat untuk membuat aplikasi yang juga bisa diaplikasikan pada berbagai platform mobile. Aplikasi ini menyajikan konsep template yang siap untuk digunakan pada berbagai aplikasi buatannya. Tidak perlu kemampuan koding bahasa pemrograman sama sekali untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara lancar. Selain itu terdapat juga video tutorial pada websitenya.

14). iBuildApp
iBuildApp memiliki keunggulan pada kecepatan. Kita bisa membuat aplikasi dalam waktu 5 menit saja dengan iBuildApp ini, makanya tidak heran jumlah aplikasi yang sudah berhasil dibuat dengan iBuildApp mencapai hampir 500.000an aplikasi.
Aplikasi ini juga tersedia di App Store Apple, fiturnya juga cukup lengkap karena mendukung alat promosi, analytics, notifikasi dan pandapatan iklan. Kunjungi laman resminya di ibuildapp.com/

sumber :
www.jurnalweb.com/tools-untuk-membuat-aplikasi-android/
Blog.akakom.ac.id/roniyandi/apa-itu-visual-studio/
Www.livbit.com/article/2015/07/07/microsoft-is-launching-visual-studio-2015-on-20th-july/
tekno.liputan6.com/read/2852000/microsoft-visual-studio-2017-meluncur-7-maret
http://www.tasikweb.com/2015/10/pengenalan-ide-basic4android.html
https://www.b4x.com/b4a.html
http://mk.elektro.ub.ac.id/tutorial-install-ide-b4a/
http://www.komputerdia.com/2017/08/pengenalan-dan-memahami-android-studio-lebih-dekat.html
https://thesolidsnake.wordpress.com/2013/08/09/mencoba-memakai-android-studio/
http://blog.akakom.ac.id/faridayonarisa/2012/09/07/pengertian-eclipse/
www.eclipse.org/downloads/eclipse-packages/
https://www.petanikode.com/android-sdk-dan-ndk/
http://indo-android.blogspot.co.id/2011/09/apa-itu-app-inventor.html
https://www.codepolitan.com/membuat-aplikasi-android-lebih-mudah-dengan-google-app-inventor
http://blog-habibie.blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html
https://github.com/gungunfebrianza/Learning-PhoneGap/blob/master/Chapter1-Apa%20itu%20PhoneGap.md
http://www.proweb.co.id/articles/mobile_development/apache_cordova.html
https://phonegap.com/getstarted/
https://cordova.apache.org/


No comments: