Bagaimana Koran dicetak ?

Koran dicetak dengan litografi offset. Piringan silinder mempunyai pola bagian-bagian yang akan dicetak. Kertas dimasukkan melalui penggulung dan pola dicetak dengan tinta. Bagian-bagian lain diberi air agar tidak dikotori tinta.


Litografi Offset adalah salah satu cara yang paling umum menciptakan materi dicetak. Beberapa aplikasi umum yang meliputi: surat kabar, majalah, brosur, alat tulis, dan buku. Dibandingkan dengan metode cetak lainnya, cetak offset paling cocok untuk memproduksi ekonomi volume besar cetakan berkualitas tinggi dengan cara yang membutuhkan sedikit perawatan.



Untuk percetakan skala besar, cetak offset sangat banyak digunakan saat ini. Karena teknik cetak ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan teknik cetak lainnya, seperti kecepatan dan kemajuan teknologinya.

Alur Proses Cetak Offset


Karena mesin  ini tersedia dalam beberapa pilihan (seperti yang sudah dijelaskan juga diatas) diantaranya, mesin satu warna seperti Hiedelberg GTO 52, Printmaster, Speed Master, Roland, hingga mesin-mesin web yang berukuran besarpun ada. Cetak offset mengadopsi teknik cetak datar, dimana image area dan non image area sama tingginya.




sumber :

yuwono, wiwik.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.1995.Jakarta : PT Elex Media Komputindo

http://jeremyprinthacker.blogspot.co.id/2013/12/offset-printing-cetak-offset-atau-cetak.html

https://belajar-dotcom.blogspot.com/2016/11/pengertian-mesin-cetak-offset-printing.html

https://www.graficapiemme.it/

No comments: