Kenapa sih kita perlu baca berita terkini

"Kenapa sih kita perlu baca berita terkini?"
"Apalagi berita-berita pertanian, males banget deh bacanya?"

Eitt...! Jangan salah! Justru membaca berita itu penting banget. Nggak cuma soal pertanian, bidang lainnya juga penting. Untuk apa?
1. Untuk menambah wawasan kita = Jadi lebih update, nggak ketinggalan zaman gitu lho! Kita juga bisa sharing info ke teman/keluarga/tetangga yang mungkin bisa membantu masalah mereka. Buat para mahasiswa apalagi, perlu bgt nih buat bahan diskusi berbobot bareng teman kelompok/organisasi. Intinya bikin kita pintar dan kritis deh!

2. Untuk membantu mengembangkan bisnis kita = Wah ini buat para pembaca yang jadi pebisnis/yg lagi pengen berbisnis (khususnya di Agribisnis yaa) perlu bgt baca berita! Karena buat ngembangin usaha, kita perlu melakukan riset pasar. Misalnya, prediksi harga komoditas, prediksi cuaca, ekspor & impor, program kerjasama dari pemerintah, program bantuan, dan banyak lainnya. 

3. Untuk bahan referensi = Kalau mahasiswa biasanya cari daftar pustaka/referensi ya kan? Misalnya nih lagi presentasi, "Berdasarkan berita utama di Kompazz dot com, program bantuan pupuk sudah didistribusikan ke desa A & B, namun fakta lapangannya ada belasan petani yang belum mendapatkannya... bla bla bla......."
Hehe jadi perlu banget kan. Buat petani/kelompok tani yang mungkin merasa belum dapat bantuan misalnya, padahal di koran udah diberitakan. Mungkin bisa menanyakan ke Kelurahan/instansi terkait dengan menunjukkan berita di koran tersebut.

Nahh itu tadi 3 manfaat baca berita versi Petani Now. Mungkin ada lagi?🤔
Ohya. Ada hal penting yang perlu kalian ingat.
Informasi sekarang semakin banyak & mudah didapatkan. Arus informasi juga sangat cepat dengan adanya internet.
Sebagai generasi muda millenial yang CERDAS, yuk kita pilah & pilih mana Informasi yang benar dan mana yg hoax.

Jangan terlalu percaya dengan berita yg ciri-cirinya: Heboh, mengejutkan, aneh, tidak jelas sumbernya, tidak ada bukti otentik, editan grafis, dll. 

Jika kalian mengerti dengan jelas bahwa ada suatu info/berita yang hoax, kalian bisa ikut komentar atau bikin tulisan klarifikasi sesuai fakta yang ada. Tujuannya membantu orang2 agar tidak terjebak pada berita palsu.

Dan terakhir.. sangat tidak perlu bagi kita membuat berita atau informasi palsu hanya untuk keuntungan jadi viral/uang semata. Hanya sesaat tapi efek buruknya nempel selamanya.
OK? 😁👍👍

Yuk tingkatkan minat baca kita. Ajak saudara, teman, keluarga, dan lainnya juga. Sama-sama jadi lebih cerdas, supaya bisa ikut membangun Indonesia 😁✊🏻.
#MajulahLiterasiIndonesia

sumber : https://telegram.me/petaninow

No comments: