Cara Membuat Restore Point di Windows 10

Langkah yang perlu disarankan ketika Anda setelah menginstall Sistem Operasi yaitu membuat restore point terlebih dahulu, lebih baik lagi setelah Anda menginstall aplikasi di Sistem Operasi yang terbaik dan bermanfaat untuk beraktifitas atau bisa dikatakan di level dasarnya.

Secara pribadi membuat restore point sering kali saya lakukan ketika sistem dalam keadaan fresh, contohnya habis melakukan install ulang / fresh install. Karena dengan membuat restore point ini, sistem akan menyimpan semua settingan seperti registry, sistem ×les dan driver. Agar Jika nantinya Windows 10 mengalami masalah, dapat diselesaikan dengan cara rollback ke restore point tersebut.

Dan berikut kali ini cara membuat restore point di Windows 10 :

Pertama buka System Properties lalu klik ‘System protection‘ atau kamu dapat membukanya secara cepat dengan cara buka kotak RUN (WinKey + R) lalu ketikan ‘SystemPropertiesProtection‘.


Cara Pertama This PC → Klik Kanan → Properties → System protection



cara kedua melalui Run



maka akan muncul tampilan System Properties nya

Setelah system properties terbuka, secara default jika kamu sebelumnya belum mengutak-atik bagian ini, pada bagian Drive Protection statusnya adalah ‘Off’, jadi perlu diaktifkan dengan cara klik ‘Con×gure‘. Kemudian klik lagi ‘Turn on System protection‘ lalu pada bagian bawah atur slide pada bagian Max Usage kira-kira 10-15% ini berguna untuk mengatur ruang yang digunakan oleh sistem untuk menyimpan restore point. Setelah selesai klik OK.

                                       

progress di setelah meng-klik menu Configure

Kemudian pilih ‘Create‘, akan muncul pop-up untuk memberikan nama/deskripsi dari restore point tersebut, isi sesuai dengan keinginan lalu pilih ‘Create‘ dan proses pembuatan restore point pun akan dimulai.




Pilih Create → tulis nama restorenya → klik tombol create 


tampilan ketika berhasil membuat nama create restore

Setelah selesai maka kedepannya jika Windows 10 mengalami masalah, kamu dapat kembali dengan menggunakan restore point untuk memecahkan masalah. Selengkapnya untuk cara Restore Windows 10 akan ditulis pada artikel yang berbeda.

Sumber :

winpoin.com/cara-membuat-restore-point-di-windows-10/

No comments: