DEFINISI STRUKTUR NAVIGASI


Menurut Kurniawan (2010:213) Pada pengembangan aplikasi berbasis web, tentunya dalam membuat lebih dari satu halaman web, bahkan bisa ratusan jika aplikasi yang dibangun kompleks. Oleh karenanya navigasi adalah fitur yang harus disediakan. Navigasi berfungsi untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain pada suatu aplikasi berbasis web, yang juga digunakan untuk memberikan informasi lokasi halaman yang sedang dibuka.
Menurut Purnama (2004) Navigasi Web adalah
bagian dari situs Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari.
Menurut Sutopo (2007:6) Dalam pengembangan web, terdapat beberapa model navigasi dasar, yang harus dikenal dengan baik oleh desainer, Karena setiap model navigasi dapat memberikan solusi untuk kebutuhan yang berbeda.
Macam-macam struktur navigasi antara lain:
1.                  Linear Navigation Model
Sebagian besar website mempergunakan linear navigation model. Informasi diberikan secara sekuensial dimulai dari satu halaman.

                                           Gambar 1. Struktur Navigasi Linear navigation model

2.             Hierarchical model
          Menurut Sutopo (2007:7) menerangkan bahwa “Hierarchical model diadaptasi oleh top-down design. Konsep navigasi ini dimulai dari satu node yang menjadi homepage. Dari homepage dapat dibuat beberapa cabang ke halaman-halaman utama”.

     Gambar 2. Struktur Navigasi Hierarchical Model


3.             Spoke-and-hub model
Dalam spoke-and-hub model hanya ada dua macam link yaitu dari homepage ke halaman tertentu dan dari halaman tertentu ke halaman homepage. Spoke-and-hub model hanya menggunakan satu node untuk menghubungkan satu node ke node yang lain.



Gambar 3.  Struktur Navigasi Spoke-and-Hub Model


4.             Full Web Model
Menurut Sutopo (2007:8) menerangkan bahwa “Full web model memberikan kemampuan hyperlink yang banyak. Full web model banyak digunakan karena user dapat mengakses semua topik dengan subtopik dengan cepat. Namun kelemahan dari model ini, yaitu dapat berakibat user kehilangan cara untuk kembali ke topik sebelumnya”.


Gambar 4.  Struktur Navigasi Full web Model

Daftar Pustaka :

Kurniawan, Erick. 2010.Cepat Mahir ASP.NET 3.5 untuk Aplikasi Web Interaktif. Yogyakarta: 
             Andi Publisher.
Purnama, Pupung Budi. 2004. Layout dan Metode Navigasi Web. Diambil dari :
     http://www.designmagz.com/usability/layout-dan-metode-navigasi-web.html. (13 Juni 2013)
Sutopo, Ariesto Hadi. 2007. Pemrograman Flash dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta :
             Graha Ilmu.


Semoga bagi para Mahasiswa yang sedang menempuh Tugas Akhir atau Skripsi seperti Saya ini yang ada di  seluruh Tanah Air Indonesia yang sedang kesusahan dalam mencari sumber referensi mengenai Struktur Navigasi, dapat terpecahkan dengan hadirnya artikel yang dimuat disini.
Kita sebagai manusia berkewajiban saling  menolong sesama, karena suatu saat nanti kebaikan kita insyaalloh akan dibalas kebaikan pula apabila kita sedang membutuhkannya nanti..
Akhir Kata : Semoga Sukses !!

Note : "Jangan Lupa Komentarnya Gan ...!!  Dan satu Lagi jangan Lupa mampir kembali ke blog sini untuk saling tukar informasi & bila artikel ini dijadikan untuk disebar/share, maka  jangan lupa tulis alamat blog ini Gan sebagai alamat sumber Blog Anda !!  bersikaplah saling menghargai !! udah gitu ajah terima kasih !!"

2 comments:

oLga Ryatsah said...

Thanks gan atas infonya.... bermanfaat bgt buat skipsi ane...

Unknown said...

gan,, dapet referensinya darimana? ada bukunya?